RSS
Wecome to my Blog, enjoy reading :)

Thursday, March 4, 2010

sumthin to share - rohani

Bersyukur atas Nikmat Allah yang Amat Besar

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapatmenentukan jumlahnya.Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi MahaPenyayang.”

(Al-Quran Al-KarimSurah An-Nahl [16]: ayat 18)

Wahai saudaraku, kita tidak akan mampu menghitung nikmat Allah. Mengapatidak bisa? Karena terlalu BESARNYA.... Segala puji bagi Allah, belum sempatbibir kita mengucap syukur kepada Allah ketika nikmat itu datang, maka datanglagi nikmat Allah yang lainnya. Betapa besarnya nikmat Allah.

BEBERAPA NIKMAT ALLAH :

[1] Diberikan anggota tubuh yang lengkap. Sebagian besar orang barumenyadari kenikmatan ini setelah dikurangi oleh Allah. Nikmat anggota badanini, akan dimintai pertanggungjawabannya di hadapan Allah.

[2] Diberikan kesehatan. Nikmat ini tidak bisa dinilai dengan uang. Jikakita sakit, berlembar-lembar uang kita keluarkan. Dua kenikmatan yangkebanyakan manusia lupa : sehat dan waktu luang.

[3] Nikmat harta. Orang yang bersyukur kepada Allah akan menggunakan hartasesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

[4] Nikmat Keamanan. Orang yang tidak mencampurkan keimanan dan kedholimanmaka baginya ‘keamanan’. Dengannikmat keamanan ini, kita bisa beribadah ataupun menuntut ilmu dengan perasaantenang.

[5] Hidayah beragama Islam dan nikmat iman. SUBHAANALLAH !!, ini adalah nikmatyang paling besar. Mengapa demikian? Karena dengan nikmat ini kita bisamembedakan kejahatan dan kebaikan, mana yang diperbolehkan oleh agama atau manakahyang tidak diperbolehkkan.Namun, kebanyakan manusia itu dholim. Sedikit sekali manusia yangbersyukur, mereka mengkufuri nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Katakanlah: ”Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamupendengaran,penglihatan dan hati. (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.(Al-Quran Al-Karim Surah Al-Mulk [67]: ayat 23)Oleh karena itu, perlu ditumbuhkan perasaan bersyukur kepada Allah sehinggamengantarkan kita untuk bersyukur kepada-Nya.

CARA MENUMBUHKAN PERASAAN SYUKUR :

[1] Merenung (bukan membayangkan).

[2] Lihatlah yang memberi nikmat, bukan besar kecilnya nikmat. Jika engkaumendapatkan nikmat dari Allah, jangan lihat besar kecilnya nikmat, tapilihatlah yang memberi nikmat (Rabbul ’alamin).

[3] Lihatlah yang berada di bawah kita (kaitannya dengan nikmat)

[4] Ingatlah keutamaan syukur. Orang beriman yakin, jikalau bersyukurkepada Allah, maka akan mendapatkan keutamaan.

[5] Sadarilah bahwa yang mampu memberikan hidayah untuk bersyukur hanyalahAllah semata.

CARA MENSYUKURI NIKMAT ALLAH :

[1] Hatinya tunduk, dan meyakini bahwa kenikmatan itu pemberian Allah. Hatiitu untuk ma’rifah (mengenal Allah) dan mahabbah (mencintaiAllah). Tanamkan dalam hati bahwa nikmat itu dari Allah semata.

[2] Lisannya memuji Allah. Jika diberi nikmat, maka hakikatnya itu adalahnikmat dari Allah, maka pujilah Allah. Ucapkan pula, jazakumulloh khoiron kepada orang yangtelah memberikan bantuan dan perbanyaklah menyebut nikmat-nikmat Allah. Hasanal-Bashriy berujar, ”Perbanyaklah menyebut nikmat-nikmat Allah. Sesungguhnyaitu adalah kesyukuran.”

[3] Anggota tubuhnya melaksanakan ketaatan kepada Allah. Dalam hal ini anggota badan dijadikansebagai sarana untuk taat kepada Allah dan mencegah dari maksiat kepada-Nya.

0 care about me:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright 2009 luahan hati.... Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Ezwpthemes